Contoh Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika

Advertisement

Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Om Swastyastu.

 

Bapak/Ibu/Hadirin semua yang berbahagia,

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato tentang Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan untuk negara kita Indonesia. Saya harap Bapak/Ibu/Hadirin semua masih berjiwa besar akan solidaritas dan rasa saling menghargai akan semua perbedaan yang ada di negara kita Indonesia tercinta.

Saya mencintai negara saya Indonesia begitupun Anda semua yang percaya pada konsep Bhinneka Tunggal Ika, saya yakin dan percaya. Di negara kita Indonesia tercinta, kita menyambut semua budaya, bahasa, agama, dan suku atau orang-orang dari berbagai daerah dengan sepenuh hati.

Ada 4 Agama yang ada di negara Indonesia yang dipercaya, yakni Islam, Kristen, Buddha, dan Hindu. Semua agama ini mungkin tidak dianut oleh jumlah orang yang sama, tetapi mereka semua dihormati secara setara. Dan kita semua saling menghargai dengan kepercayaan masing-masing yang kita anut.

Ada banyak perayaan hari-hari besar yang berbeda didalam agama yang berbeda di negara kita, tapi kita semua tetap menjaga rasa solidaritas yang tinggi untuk saling menghormati, saling menghargai dengan hari-hari besar itu terutama hari raya yang dirayakan masing-masing pada tiap tahunnya.

Selama masa perayaan, semua orang dari berbagai agama, budaya, dan banyak lagi merayakannya dengan aman, tenteram dan damai. Tidak ada diskriminasi yang dibuat untuk berpartisipasi dalam kebahagiaan satu sama lain.

Kesatuan di antara semua orang di negara ini menunjukkan kekuatan dan kekayaan kita dalam berbudaya. Masing-masing dan setiap orang secara individual dihormati dan diberi arti penting. Kita semua tetap bersama sebagai satu kesatuan masyarakat yang utuh.

Pada acara-acara nasional, kita semua berpartisipasi sebagai sebuah tim; kita tidak mendiskriminasi satu sama lain atas dasar agama, suku, budaya atau bahasa. Kita mewakili setiap budaya dengan sangat bangga dan kita mewakilinya bersama yang menunjukkan persatuan kita sebagai kesatuan nasional.

Setiap kali ada pekan pertandingan olahraga atau lainnya yang mewakili negara kita untuk antar negara baik itu tingkat asia atau dunia yang berlangsung, kita semua bersatu sebagai satu tim negara yang utuh dan bersorak untuk kemenangan para pemain kita. Setiap kali kita memenangkan piala atau kejuaraan, kita merayakannya bersama.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Pidato Bahasa Indonesia Terbaru 2022

Karena bersatu sebagai satu bangsa, walaupun negara kita terbagi menjadi beberapa daerah dengan jumlah 34 provinsi dengan beberapa dari pulau-pulau yang berbeda, tetapi kita menggunakan mata uang yang sama di mana-mana di negara kita. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dituturkan di antara semua orang di negara ini.

Kita semua berdiri bersatu ketika kita menyanyikan lagu kebangsaan negara kita. Kita tidak dianggap oleh agama yang berbeda atau identitas lainnya. Kita dianggap bersama sebagai orang Indonesia. Meskipun memiliki budaya yang berbeda di pulau, daerah, dan suku yang berbeda, kita merayakan Hari Kemerdekaan Bangsa bersama.

Bahkan dari Angkatan Darat Indonesia, Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Udara Indonesia, para prajurit tersebut dipilih dari berbagai daerah, agama, budaya, suku, dan juga bahasa yang berbeda. Tapi mereka berjuang bersama dan melindungi kita semua dari musuh yang mengancam negara kita.

Kita memiliki beragam suku, budaya, dan bahasa; Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan kepercayaan masing-masing dengan cara yang berbeda dan mengikuti ajaran agama masing-masing yang mengarah untuk mencapai perdamaian dan kita mewakili perbedaan ini bersama-sama.

Kesatuan dalam keragaman di Indonesia ini tetap konsisten sejak zaman kita harus memperjuangkan kemerdekaan negara kita. Ini telah membuat kita sebagai masyarakat yang majemuk menjadi kuat. Kita selalu tetap bersama karena satu keluarga selalu percaya pada persatuan dan kesatuan.

Kita orang Indonesia seperti pohon beringin raksasa yang memiliki banyak cabang dan daun tetapi memiliki satu batang yang menghubungkan kita dengan akar kita yang kuat. Kehadiran budaya, suku, bahasa, dan agama yang berbeda-beda membuktikan ungkapan “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.

Baca Juga: Pidato Tentang Akhlakul Karimah

Begitulah makna dari Bhinneka Tunggal Ika yang adadi Negara kita Indonesia.

Demikian dan terima kasih atas segala perhatian Bapak/Ibu dan hadirin semuanya.

 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Om Swastyastu.



Advertisement

Subscribe to receive free email updates: