Contoh Pidato Anak tentang Pentingnya Mencuci Tangan

Advertisement

Contoh Pidato Anak tentang Pentingnya Mencuci Tangan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera. Yang terhormat Ibu Guru Penguji Bahasa Indonesia, serta teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Tuhan YME karena dengan rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal-afiat.
Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato yaitu Pentingnya Mencuci Tangan.

Teman-teman yang berbahagia,
Jasmani dan rohani yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Dengan jasmani yang sehat, kita dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik. Kesehatan pasti akan terasa sangat mahal disaat kita sedang sakit. Saat itulah kita merasa bahwa kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Untuk itu, kita perlu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk memenuhi pola hidup sehat tentu tidaklah mahal. Salah satunya yang dapat kita lakukan adalah mencuci tangan. Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam persebaran penyakit. Tanpa kita sadari, tangan kita merupakan perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kita mencuci tangan kita secara tertib dan teratur.

Mengapa kita harus mencuci tangan?
Misalnya begini. Ada seorang penderita flu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian ia memegang pegangan di bus, lalu kita juga memegang pegangan tersebut. Saat kita memegang pegangan tersebut, bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan kita. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyebab penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain.

Penyakit seperti diare, cacingan, ISPA, TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, flu burung dan flu babi dapat dicegah dengan mencuci tangan secara benar. Sayangnya banyak orang yang meremehkan kebiasaan sehat ini dan menganggapnya tidak penting. Padahal dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik, hidup kita dan keluarga kita pasti akan lebih sehat.

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?
  1. Menggunakan sabun dan di bawah air mengalir.Sabun yang digunakan sebaiknya adalah sabun yang mengandung antiseptic, karena kandungan tersebut dapat membunuh kuman yang menempel di tangan kita.
  2. Lama mencuci tangan antara 40-60 detik.
  3. Gosok semua bagian tangan dan jari selama minimal 20 detik (terutama untuk membersihkan bagian-bagian bawah kuku, antara jari, telapak tangan dan punggung tangan).
  4. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
  5. Setelah tangan dibilas dengan air yang mengalir, sebaiknya langsung keringkan dengan tissue, dan gunakan tissue untuk menutup keran.
Mengeringkan tangan dengan tissue dianggap lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan yang umum tersedia di mall. Karena mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menular ke orang lain.


Kita semua tahu bahwa menjaga kebersihan dengan mencuci tangan memang tidak bisa dilakukan setiap saat namun ada baiknya kalau teman-teman mencuci tangan semisalnya :
· Sebelum dan sesudah makan,
· Setelah menyentuh hewan atau kotorannya,
· Setelah memegang sampah,
· Setelah membersihkan kotoran hidung, dan
· Setelah bersin dan batuk ke tangan.

Mencuci tangan juga sangat penting ditilik dari penelitian badan kesehatan terbesar di dunia yaitu WHO atau world health organization bahwa hanya dengan membiasakan mencuci tangan kita bisa mengurangi resiko diare sampai 45 %.

Sebaiknya kita mengajarkan kebiasaan baik mencuci tangan ini kepada anak-anak. Anak-anak sangat senang mempelajari dan menyentuh segala sesuatu tanpa tahu apakah benda tersebut kotor atau tidak. Lalu memasukkan tangannya ke dalam mulut atau memakan makanan tanpa mencuci tangan. Akibatnya anak dapat menderita penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Kesimpulan dari pidato ini, cuci tangan merupakan hal yang sering dilupakan dan dianggap remeh oleh kebanyakan orang, tetapi menimbulkan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Mengingat pentingnya cuci tangan, maka setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia. Ayo mulailah dari sekarang kebiasaan baik mencuci tangan agar tubuh kita lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: