Contoh MC Acara Tabligh Akbar Peringatan Hari Besar Islam

Advertisement
Assalamualaikum Warohmatullahi Ta'ala Wabarokatuh
Ulaminal Muhtaromiin, wahabaaibinal Ahzaa Wajulasaainal Awwaliin

Yang kami hormati para asatidz, asatidzal kirom,.. yang tidak dapat kami sebut satu-persatu yang dimulyakan allah, para hadirin bapak-2 ibu-2 rohimakumullah,. Dan adik2 semua yang kami sayangi,.. dan yang kami banggakan,.. 

Dalam perjumpaan kita malam hari ini, tiada kata dan ungkap rasa yang pantas kami sampaikan, melainkan kalimat syukur alhamdulillah, ke hadirat, Allah SWT yang telah memberikan belaian mesra rahmat dan nikmatanya, dimana Allah SWT, Yang telah mentakdirkan kita untuk bersama, beradu pandang selayang pandang, didalam suatu mimbar dalam acara memperingati isra’ mi’raj Rosulillah SAW, dengan keadaan sihah. Bisyukrillisan ,..

Salam damba penuh pesona, semoga senantiasa terlimpah ruahkan kepangkuan Baginda Rosul Muhammad Sallallahualaihi Wasallam, yang telah membawa lentera suci, pemegang obor abadi, Nabi Muhammad ibnu Abdillah, pengantar kita dari jurang jahiliyah menuju padang kebenaran yang hakiki. Biqoulilissan, lahumma Sholli Alaa Sayyidina Muhammad


Baiklah para hadirin yang berbahagia, untuk lebih menyingkat waktu yang tersedia, kami sebagai master of ceremony, / MC akan membacakan rentetan acara yang akan kita gelar pada malam ini: Opening of ceremony, kami persembahkan sebagai acara perdana. 
Disusul kemudian dengan alunan gema wahyu ilahi dan dilanjutkan Sanjung madah buat sang baginda rasul tercinta. Sambutan – sambutan, kami posisikan pada tangga acara yang ketiga.

Dan Rentetan acara berikutnya adalah acara inti, yakni mawaidzulhusna, kami letakkan pada acara ke empat dan dilanjutkan Closing of ceremony sebagai pemungkas acara yang kami sajikan dengan sembah syukur kalimat-kalimat doa. 


Hadirin yang berbahagia. marilah kita masuki gerbang acara yang pertama, yaitu pembukaan. 
marilah kita buka acara pada malam hari ini, lewat samudera barakah suratul fatihah, dengan penuh harap dan damba, semoga acara yang kita selenggarakan pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar, tanpa ada aral yang menghadang, serta menjadi terapi hikmah bagi hati kita semua. Alaa haa dzihinniyah wa alaa kulli niatin shalihah bi syafa‘ati Rasulillah SAW. al-fatihah…… 

Terimakasih kami sampaikan. demikianlah tadi pembuka acara yang telah kita lewati bersama. 

Menapaki tangga acara yang kedua, adalah alunan kalam-kalam suci, dan dilanjutkan Solawatpuja buat sang rasul tercinta, yang sengaja kami kemas dengan harapan pahala yang mengalir dari bacaan kalam ilahi beserta solawatnya yang akan di kumandangkan serta disenandungkan oleh akhinal,… Kepada waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih kami haturkan. Demikianlah tadi lantunan kalam ilahi yang mengalun syahdu di tengah-tengah kita, yang melambangkan betapa agung dan mulianya kitab suci al-Qur’an. Serta sanjung madah buat sang baginda rasul yang terlantun dengan amat merdu, sehingga semilir anginpun turut andil menyejukkan suasana damai di malam ini. dengan harapan semoga kita mendapatkan tetesan barakah bacaan alquran, sehingga pula kita dapat menghirup segarnya sa’idun fid-dunnya wa sa’idun fil-akhirah, serta mudah-mudahan kita dapat meraih limpahan syafaat baginda Rosulillah di hari Kiamat amin, amin ya robbal 'alamin 

Para hadirin yang berbahagia. menapaki anak tangga yang ke3, adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang akan disampaikan oleh……selaku………. Demikialah tadi sekapur sirih yang telah disampaikah beliau, Semoga kita dapat mengambil saripati hikmah, kemanfaatan buat kita semua,.. 

Para Hadirin yang berbahagia., Hadirin rahimakumullah, dan kini tibalah kita pada acara inti pada malamini, yakni siraman sejuk embun mutiara hikmah dalam maui’izhatul-hasanah, wa ikhititam bid-dua’yang akan disampaikan oleh al-mukarram shahibul- fadhilah……. kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan. allahumma shalli ala Muhammad.

Demikinlah tadi mauidzatul-hasanah semoga pesan religius beliau dapat kita wujudkan dalam kehidupan nyata, untuk menggapai kehidupan sejahtera, baik di dunia maupun di alam baka. Amin, ya Rabbal alamin.

Dan dengan berakhirnya pembacaan doa, maka berakhir pulalah perjumpaan kita pada malam hari ini dan kami sebagai master of ceremony,mohon maaf atas kehilafan tutur kata, dan susunan bahasa kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kami serta seluruh jajaran panitia, mohon maaf yang tiada terhingga. Tsummassalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh. 
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: