Contoh Teks PILDACIL Keutamaan Mencari Ilmu

Advertisement
Contoh Teks PILDACIL Keutamaan Mencari Ilmu

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

حَمْدًا لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ لِرَسُوْلِ اللهِ.  اَمَّا بَعْدُ


Yang terhormat: Para ulama’, asatidz, tokoh masyarakat dan para pejabat pemerintah.
Yang terhormat: Para dewan juri serta para hadirin rekan-rekan santri dan bapak-bapak ibu khususnya pendukung ............ dalam kontes ini.

Bagaimana kabarnya? Lagi baik? Alhamdulillah.
Marilah puji syukur, kita haturkan kepada Allah Azza Wajalla, dan limpahan rahmat kepada Rosulullah SAW, yang menjadikan kita beriman, islam dan berilmu pengetahuan.
Saudara hadirin Rahimakumullah.
Rosulullah SAW. Pernah bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
 
“ mencari ilmu itu wajib bagi laki-laki dan perempuan muslimat”

Mengapa mencari ilmu itu kok wajib hukumnya? Kok ga dianjurkan saja? Karena segala yang ada dibumi semuanya diatur oleh ilmu, betul? Betul….. betul…… betul………  baik yang bersangkutan dengan dunia, apalagi akhirat. Kita mau beribadah harus punya ilmu, tanpa ilmu ibadahnya gak karuan. Mau berdagang kita juga harus punya ilmu, karna tanpa ilmu dagangannya bangkrut, dan seterusnnya membutuhkan ilmu. Nah cukup masuk akal kalau Nabi mewajibkan kita mencari ilmu, baik ilmu umum lebih-lebih ilmu agama. karena memang dengan ilmu segalanya akan sukses, betul….?  Mau buat sepeda motor oke, mau buat mubil oke, mau pidatu oke, mau baca khotbah enteng-enteng saja, kalau sudah punya ilmu.

Saudara hadirin yang berbahagia.
Kalau kita tidak punya ilmu semuanya akan gagal, baik dalam masalah dunia maupun akhirat. Muamalah kita gagal, dan ibadah kita pun tidak diterima oleh Allah, gara-gara yang namanya bodoh. Bukti kongkritnya Negara kita dulu, kenapa kok dijajah oleh Belanda Jepang bahkan Portugal? Jawabanya adalah karena kita rakyat Indonesia bodoh.

Saudara hadirin seiman seakidah yang berbahagia.
Mungkin sampai disini saja perjumpaan kita, mudah-mudahan bermenfaat, terimakasih atas segala perhatian dan sampai jumpa dilain kesempatan, usikum wanafsi bitaqwallah.


 وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: