Contoh Teks Pidato Mensyukuri Nikmat Allah SWT | Pidato tentang Syukur Nikmat

Advertisement
Contoh Teks Pidato Mensyukuri Nikmat Allah SWT - Syukur atas nikmat yang diberikan oleh Alloh Swt merupakan bentuk suatu ibadah yang sangat indah dan mulia dihadapan Alloh Swt. serta akan merasakan perasaan bahagia bagi yang melaksanakannya. dimana ada suatu bentuk kesadaran hati atas segala pemberian nikmat dari Alloh Swt. Pada kesempatan ini admin akan memberikan salah satu contoh pidato Mensyukuri Nikmat Allah SWT baiklah yuk kita simak selengkapnya di bawah ini :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ
 
عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Dewan juri yang saya muliakan,
Bapak dan ibu guru yang saya hormati,
Serta teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan …
 
Tiada kata yang pantas di ucapkan pada kesempata ini, kecuali memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga kita masih dapat menikmati anugerah terindahnya berupa kesehatan dan kebahagiaan.
 
Sholawat serta salam tak lupa pula kita haturkan kepada baginda alam, panglima Islam, pemberantas kemusyrikan, penegak keadilan, pecinta kedamaian, yakni Habiibana wa Nabiyyina wa maulana Muhammad SAW. Kepada para keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh umatnta hingga akhir zaman.  Semoga kelak kita  mendapatkan syafa’atnya di Yaumil Qiyamah.
Amiin ya Robbal Alamiin…

Hadirin yang berbahagia
Perkenalkanlah nama saya ……………… saya perwakilan dari sekolah........……insya Allah dalam  kesempatan ini saya akan berpidato dengan judul “Mensyukuri Nikmat Allah SWT.”

Hadirin yang berbahagia            
Berbicara tentang bersyukur pastinya tidak lepas dari kata nikmat. Bersyukur itu seperti halnya kita mengucapkan terima kasih atas anugerah yang senantiasa diberikan allah selalu kepada kita. Sedangkan nikmat itu sendiri merupakan seluruh kobarkan dan manfaat yang diyakini datangnya dari Allah SWT. Bersyukur atas apa yang kita dapatkan dari Allah swt itu hukumnya wajib. Maka dari itu selalulah bersyukur hanya kepada Allah. 
 
Allah berfirman dlm surah Ibrahim ayat 7 yaitu

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي
 
لَشَدِيدٌ
Artinya : 
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Qs. Ibrahim :7)

Ayoo… coba siapa yang bisa ngitung berapa banyak nikmat Allah yang di berikan kepada kita ?  Ada yang tahu gak ? Mmm… nikmat Allah yang sudah di berikan kepada kita, dari kecil sampai sekarangs aja, kita sudah tidak bisa menghitungnya, apalagi…. seusia  dewan juri dan bapak ibu guru ?  Sudah bertumpuk tumpuk kali ya ? (bener apa betul ?) Tapi, Allah  SWT itu memang maha pengasih dan penyayang  ya… sama kita semua !Orang yang pandai bersyukur, hidupnya mujur dan makmur. Orang yang tidak pandai bersyukur, hidupnya hancur lebur. Betul….betul gak temen-temen

Kalau begitu, bagaimana caranya kita untuk mensyukuri nikmat Allah ?
(tau ga caranya gimana ?) (mau tahu tidak ?) 
 
Pengungkapan rasa syukur meliputi tiga hal, yaitu :
Yang pertama, Mengakui nikmat dalam hati. Artinya, kita meyakini bahwa apa saja yang telah kita rasakan, baik yang berbentuk jasmani maupun rohani, itu adalah dari Allah Swt.

Yang kedua adalah membicarakannya secara lahir atau lisan yang artinya kita senantiasa mengingat dan menyebut-nyebut kemurahan dan kenikmatan Allah yang telah diberikan kepada kita. Hal ini sesuai firman Allah dalam Al-Qur’an surat

Ad-Dhuha ayat 11 yang bunyinya “Wa amma bini’mati robbika fa haddis” yang artinya ”Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya.”

Teman-teman yang berbahagia….
Cara besyukur yang ketiga adalah menjadikan nikmat karunia Allah sebagai sarana taat kepada Allah. Faktor pertama dan kedua belum mencapai nilai haqiqi apabila faktor yang ketiga ini belum dapat diamalkan. Dan hanya orang-orang yang berimanlah yang bisa bersyukur dengan sebaik-baiknya. Merekalah yang tahu hakikat syukur yang sebenarnya.

Kalau kita lihat dan perhatikan di sekitar kita, betapa banyak nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada hamba-hamba-Nya. Dari nikmat hidup, sarana prasarana penunjang, sampai nikmat yang terbesar yaitu nikmat Iman dan Islam. Dan kalaulah kita hitung nikmat Allah niscaya kita takkan mampu menghitungya. Oleh karenanya, sudah sepantasnyalah kita selaku hamba Allah yang begitu banyak mendapatkan fasilitas nikmat ini untuk pandai bersyukur atas anugerahnya.

Hadirin yang kami yang kami hormati.
Untuk itu marilah kita sebagai generasi penerus bangsa ini, pintar2 lah untuk mensyukuri nikmat yang allah telah berikan sama kita selama ini.. ! Semoga kita bisa menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur kepada-Nya…
Dan menjadi hamba Allah yang mendapatkan tempat yang tinggi di sisi-Nya… serta menjadi anak yang berguna agama, nusa dan bangsa.
Amiin ya robbal ‘alamiin …

Hadirin yang kami yang kami hormati.
Hadirin,….. yang dirahmati Allah. Kesimpulan yang saya sampaikan adalah seberapa kecilnya nikmat yang diberikan Allah , kita wajib mensyukurinya, bukan saja untuk menunjukan ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga dengan senantiasa mensyukurinya. Kita dapat mengharapkan Allah SWT akan menambahkan nikmat-nya dan memberikan pengampunannya, amin ..amin yarobalalamin

Bersujud kepada Allah
Bersyukur sepanjang waktu.
Setiap nafasmu, seluruh hidupmu
Semoga diberkahi Allah 
Allhamdulilah, Wasyukurilah
Bersyukur padamu ya allah
Kau jadikan kami saudara
Indah dalam kebersamaan 

Ungdur mangkola, wala tangdur mangkola
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: