Kumpulan Contoh Teks Mukadimah Pidato/ Ceramah Arab dan Indonesia

Kumpulan Contoh Teks Mukadimah Pidato -  Bagi meraka yang belum terbiasa berpidato atau ceramah di depan orang banyak, berpidato atau ceramah tentu akan menjadi sesuatu hal yang canggung untuk dilakukan atau mungkin akan terasa gugup, serta bingung bagaimana caranya untuk mengawali atau membuka pidato yang baik.

Semua tahu ketika kita akan memulai pidato pasti kita akan Mengucap salam terlebih dahulu karena itu sudah menjadi hal yang baku bagi sebagian orang dalam mengawali sebuah pidato. Akan tetapi yang permasalahannya tidak banyak orang yang tahu "Apa yang harus diucapkan selanjutnya?", mungkin itu adalah sebuah pertanyaan banyak orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum untuk mengawali sebuah pidato.

Pembukaan/ Mukadikmah adalah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah pidato atau ceramah. Apa yang diucapkan pertama kali oleh pembicara akan menjadi satu kesan tersendiri bagi para
audience . Pembukaan atau mukadimah yang baik tentu akan dapat menarik perhatian serta menimbulkan kesan yang baik untuk si pembicara dari para audience. Sehingga dapat membuat audience tertarik dengan pidato yang akan disampaikan nantinya.

Baiklah Pada kesempatan ini mediapidato.com akan berbagi contoh mukadimah pidato / ceramah dalam bahasa arab dan artinya yang bisa anda gunakan ketika pidato, ceramah atau sambutan dalam acara-acara tertentu. Berikut ini mari kita simak Kumpulan Contoh Teks Mukadimah Pidato/Ceramah dalam Bahasa Arab dan Indonesia berikut ini :

Contoh Teks Mukadimah Pidato dalam Bahasa Arab

Contoh Mukadimah 1
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Contoh Mukadimah 2

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Contoh Mukadimah 3
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى أَكْرَمَنَا بِالإِيْمَانِ, وَاَعَزَّنَا بِالْإسْلَامِ,[وَرَفَعْنَا بِالْإِحْسَانِ, اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ وَاَشْكُرُهُ, اَلَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانِ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدَ.
Contoh Mukadimah 4
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ للهِ وَالشُّكْرُلِلهِ وَالصَّلاَةُ وَالسّلَامُ عَلىَ رَسُوْلِ اللهِ سَيّدِ نَا وَمَوْلَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَهُ, اَمَّا بَعْدُة

Contoh Mukadimah 5
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ, اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ مَا لِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَدٍ خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ وَاِمَامِ اْلمُرْسَلِيْنَ, وَعَلىَ اَلِه الطَّاهِرِيْنَ وَصَحَابَتِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ.
Contoh Mukadimah 6
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛
 Contoh Mukadimah 7
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
 Contoh Mukadimah 8
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Contoh Mukadimah 9
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لِلهِ اْلوَاحِدِ اْلأَحَدِ, اَّلذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌ, اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ وَاَشْكُرُهُ, اَلَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ اِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ, اَمَّا بَعْدَهْ.
Contoh Mukadimah 10
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ نِعْمَةِ الإِسْلاَمِ وَالإِيْمَانِ وَالهِدَايَةِ, وَكَفَى بِهَا نِعْمَةٍ, اَلَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ, وَعَلىَ اَلِهٍ وَصَحْبِهِ وَمنْ وَالَاهُ, لَاحَوْلَ وَلاقُوَّةَ اِلَّا بِا اللهِ, اَمَّا بَعْدُ.

Contoh Teks Mukadimah Pidato dalam Bahasa Indonesia

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.
Segala Puji Bagi Alloh yang telah memberikan beribu kesemangatan kepada kita sekalian hingga mampu datang memenuhi undangan pada acara ini, sholawat dan salam tak lupa mari kita limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membawa kita dari zaman jahiliyah kezaman terang benderang seperti sekarang ini, tidak lupa kepada keluarganya, sohabatnya dan pengikutnya hingga kepada kita semua di berikan syafa'atnya hingga yaumil akhir.
Pertama – tama dan yang paling utama serta yang diutamakan dalam setiap kita bertemu adalah memanjatkan puji dan syukur kepada Allah swt karena pada saat ini kita diberikan salah satu nikmatnya yaitu nikmat kesempatan untuk berada di tempat ini. Tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan taslim atas jujungan kita, manusia yang kita jadikan contoh yaitu nabi Muhammad saw. Karena beliaulah kita semua berada disini akibat pengaruh beliau di dunia ini.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru serta wali murid, juga teman-teman semua yang berbahagia. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara....................... Pada hari yang berbahagia ini izinkanlah saya selaku........untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata kepada  ..........................................................
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Ketua Panitia dan Bapak Ibu tamu undangan yang berkenan hadir dalam acara ini, serta para hadirin semua yang dirahmati Allah. Pada pagi hari ini, tak lupa kita ucapkan puja dan puji kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga sampai hari ini kita masih tetap bisa melakukan segala bentuk aktifitas dan dapat berkumpul di sini dalam acara Perpisahan Kelas IX tahun ajaran 2015/2016. 
Pertama-tama marikah kita ucapkan banyak syukur Kepada Ilaahi Robbi yang memberikan jutaan nikmatnya kepada kita semua terutama nikmat sehat wal afiat, selanjutnya solawat dan salam tak lupa dilimpahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu pemimpin kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, shohabat, dan para pengikutnya.
Puji Syukur Kehadirat Alloh yang menguasai seluruh alam semesta ini, serta solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, Kepada keluarga, sahabat, dan seluruhnya hingga kepada kita semua.
Demikian beberapa contoh mukadimah pidato/ceramah yang bisa  kami bagikan untuk anda semua pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat juga bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua. Selamat Belajar ya!
Kumpulan Contoh Teks Mukadimah Pidato/ Ceramah Arab dan Indonesia | abdan syakuro | 5