PIDATO PADA ACARA TASYAKURAN MENEMPATI RUMAH BARU


Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh
Hadirin sekalian yang berbahagia
Dalam rangka acara tasyakuran malam ini,marilah kita terlebih dahulu memenjatkan puji syukur kahadirat Alloh SWT.atas limpahan nikmat dan rahmat-Nya hingga kita sampai saat ini masih diberi umur panjang oleh Alloh SWT.serta kita bisa hadir di sini tempat.Semoga atas kehadiran pada tasyakuran ini bermanfaat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw. Dimn beliaulah yang telah memberikan suri tauladan kepada manusia hingga manusia mengetahui perbedaan mana yang haq dan man yang bathil.

Hadirin para undangan yang berbahagia
Setiap manusia yang beriman tentu mendambakan sebuah rumah yang indah, dan penghuni dari rumah itu merasa ketenangan dan ketentraman. Dan tidak seperti kuburan, sunyi senyaap penghuninya merasakan penat, bingung dan merasa tidak tenang.

Nabi Saw. Telah bersabda : Hiasilasilah rumahmu dengan membaca Al-Quran. Sehingaga apabila sebuah rumah yang penghuminya senantiasa menjalankan ibadahnya, sebagaimana sabda Nabi Saw.Rumahku surga ku dan kini kitita perlu mengetahui, bagaimana ciri rumah tangga yang bahagia itu? Ciri dari rumah tangga yang bahagia itu ialah sebagai berikut :

Ada kecenderungan mempelajari ilmu agama
Yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menyayangi anak muda
Serius dalam kehidupan
Berlaku hemat dan hidup sederhana
Melihat dan menyadari aib sendiri.
Bertaubat

para undangaN sekalian yang berbahagia
ke enam ciri rumah tanggabahagia itu lebih jelasnya marilah kita perhatikan sabda Nabi Saw. Yaitu sebagai berikut :

Apabilaa alloh. Menghendaki suatu rumah tangga yang baik(dan bahaga), diberikanNya kecenderungan mempelajari ilmu agama, yan muda- muda menghormati yang tua-tua.serasi (dan harmonis) dalam kehidupan, hemat dan hidup sedrhana, melihat cacat mereka, dan kemudian melakukan taubat
Dan kini saudara bapak Abidin menempati rumah baru, berarti menjadi rumah tanggan yang baru pula, jadi tang perlu untuk diketahui akan hak-hak bertetangga, agar nanti bisa hidup rukun dan damai dengan tetangga yang baru tersebut. Untuk itu marilah perhatikan sabda Nabi Saw. Yaitu sebagai berikut:

Tahukah kamu hak-hak tetengga itu ?
Apabila dia minta tolongberikanlah pertolongan.
Dan jika minta bantuan, bantulah
Jika dia meminjam uang, pinjamilah
Kalau dia miskin, santunilah
Jika sakit, hendaklah ditengok
Jika adA yang meninggal Turutlah mengantarkan jenazahnya
Jika ia memperoleh kebahagiaan, nyatakanlah selamat
Jika ia ditimpa musibah, tujnukanlah perasaan turut berduka cita
Jangan membangun rumah lebih tinggi dari pada rumahnya, yang mengganggu angin masuk kedalamnya, kecuali dengan izinnya.
Janganlah menyakiti hatinya
Jika kamu membeli buah- buahan berikanlah sedikit kepada tetangga, kalau tidak mungkin dibagi bawalah masuk kedalam rumah secara sembunyi-sembunyi, jangan sampai anaknya melihat anak engkau sedang makan buah- buahan itu
Janganlah disakiti hati tetangga dengan bau masakan (yang menyengat hidung), jika tidak membagi sedikit untuknya. Tahukah kamu apakah hak- hak tetangga itu?

Demi Alloh yang menguasai diriku. Hanyalah orang orang yang dikaruniai Tuhan rahmat yang dapat menunaikan hak- hak tetangganya. (HR. Umar bin Syu’aib )

Hadirin yang berbahagia
Demikian uraian pidato ini, semoga dapat kita pahami. Akhiru kalam. Wssalamu’alaikum warahmatullohi wabarkatuh.
PIDATO PADA ACARA TASYAKURAN MENEMPATI RUMAH BARU | abdan syakuro | 5