PIDATO MALAM BULAN SUCI RAMADHAN

PIDATO MALAM BULAN SUCI RAMADHAN

Asalam’ualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hadirin yang berbahagia,
Pada malam yang penuh kebahagiaan ini marilah kita memenjatkan puji syukur kehadrat hAllah SWT. Atas karuni, semogalah atas rahmat dan hidayah-Nya hingga pada detik ini kita bisa hadir pada acara ini kehadirananya kita malam ini meraih rido dari Nya. Aminen ya robbal alamin.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw.dimana beliaulah yang telah menda’wahkan ajaran agama islam manusia mengaetahui akan yang di larang dan yang di perintahkannya semoga kita ini tergolong umatnya yang setia terhadap ajarannya.



Hadirin sekalian yang di mulyakan Alloh.
puasa ramadhan adalah merupakan ibadah yang wajib hukumnya,bagi orang-orang yang beriman,dan tidaklh wajib bagi orang yang berhalangan ataupun ada sebab dan di larang oleh agama.

Sedang haid dan masih banyak lagi contoh yang lain,karena singkatnya waktu pada saat ini tidak kami sebutkan semuanya tentang contoh-contoh tersebut.Dan insya Alloh pada saat yang lain akan kami sampaikan secara lengkap.


Baiklah saudara-saudara sekalian yang berbahagia.
Kita semua hendaknya mengetahui akan tujuannya puasa ramadhan yang tinggal beerapa hari lagi kita akan mengerjakannya.

Adapun mengenai tujuan puasa Ramadhan adalah agar menjadikan pribadi yang melaksanakan itu menjadi manusia yang ebrbakyi kepada Alloh SWT.Untuk mengatahui lebih jelas akan wajibnya berpuasa ramadhan dantujuan dari berpuasa ramadhan itu adalah marilah kita simak akan pirman Alloh pada surat Al-Baqarah,tepatnya ayat 183,yang artinya:


Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu mengerjakan puasa sebagai mana telah diwajibkan atas orang-orang yang terdahulu,agar (dengan mengerjaka puasa itu)kami menjadi orng yang bebrbakti.


Hadirin sekalian yag saya hormati.
Di samping itu sangatlah penting kita mengetahui akan hikmah itu sendiri,yakni sebagai bebrikut:


  1. sebagai tanda terimakasih kepada Allloh,karena seluruh ibadah mengandung dan bukti rasa syukur kepada Alloh.
  2. sebagai didikan terhadap kepercayaan.
  3. sebagai didikan atas rasa kasih sayang kepada fakir miskin.
  4. sebagai penjaga kesehatan.
Demikianlah hikmah puasa,dan sebagai penutup dari uraian pidato malam ini marilah kiita perhatikan hadist Qudsi,yaitu yang artinya:Puasa itu adalah semata-mata untuk-Ku (Alloh),dan Akulah (Alloh) yang akan memberikan pahalanya.Akhirnya kita memanjatkan do’a semoga kita diberi kekuatannya untuk menjalankannya hingga sebulan penuh dan semogalah amalan yang telah kita kerjakan kita diterima oleh Alloh SWT.Amien ya rabbal alamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarakaatuh. 

 Pidato Selanjutnya
Contoh Pidato Keutamaan Mencari Ilmu
PIDATO MALAM BULAN SUCI RAMADHAN | abdan syakuro | 5