Pidato Sambutan Ketua Senat Akademik ITB

Pada Peringatan Dies Natalis ke 47 ITB
Kesinambungan Peran Senat Akademik dalam ITB-BHMN

Yang terhormat,
Para Undangan Dies Natalis ITB; Para Sesepuh,
Warga dan Tamu Kehormatan ITB;
Para Pimpinan Daerah Jawa Barat dan Kota Bandung;
Rektor dan para Pimpinan ITB
Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanat ITB;
Ketua dan Anggota Majelis Guru Besar ITB;
Para Anggota Senat Akademik;
Para Pegawai ITB;
Perwakilan Mahasiswa, serta Hadirin yang Berbahagia

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam Sejahtera bagi kita semuanya.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas karunianya, kita sekalian dapat hadir bersama di Aula Barat ITB untuk merayakan Ulang tahun ITB yang ke 47. Puji syukur juga disampaikan atas segala limpahan rahmatNya bagi Institusi kita selama ini.

Perkenankanlah pula pada kesempatan yang berbahagia ini saya menyampaikan penghargaan dan terimaksih kepada para sesepuh serta warga ITB atas pengabdian serta dedikasinya kepada ITB. Demikian juga hal yang sama disampaikan kepada masyarakat luas atas segala dukungannya dalam pengembangan ITB selama ini

.

Bapak, Ibu serta hadirin yang saya hormati,
Perlu saya sampaikan bahwa Senat Akademik ITB telah memasuki babak baru dalam perjalannya. Keanggotaan serta Pimpinan-pimpinan terdahulu dalam periode 2001-2005 telah berganti.

Banyak hal telah dilaksanakan oleh pimpinan dan anggota Senat Akademik terdahulu sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga normatif tertinggi dalam bidang akademik di ITB, membangun norma serta kebijakan dasar bagi penyelenggaraan pendidikan, pengembangan kelembagaan, tata nilai dan akuntabilitas, pengembangan sumber daya insani; penelitian dan pengembangan keilmuan, serta pengabdian kepada masyarakat. Demikian pula Senat telah memberikan kontribusinya dalam materi Anggaran Dasar ITB yang telah ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat ITB tahun 2005 yang lalu.

Pada masa bakti tahun 2005, Senat memfokuskan dirinya pada pembentukan Kelompok Keahlian (KK) dan Unit Keilmuan Serumpun (UKS) yang sekarang telah diwujudkan dalam bentuk Fakultas dan Sekolah;serta pemilihan anggota dan pimpinan baru Senat.

Hal tersebut merupakan suatu karya yang tak ternilai manfaatnya bagi pengembangan ITB kedepan, dengan cita-cita menjadi sebuah perguruan tinggi terkemuka di dunia. Untuk itu pada kesempatan ini pula saya menyampaikan ucapan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan serta anggota Senat ITB masa bakti 2001-2005. Karya saudara sekalian akan merupakan salah satu tonggak sejarah perkembangan ITB yang akan selalu dikenang oleh generasi mendatang di ITB.

Bapak, ibu serta hadirin yang berbahagia,
Dalam kesinambungan fungsi dan perannya, Senat Akademik periode 2006-2010 akan tetap memerankan dirinya sebagai mitra kerja pilar-pilar ITB lainnya, yaitu Majelis Wali Amanat, Rektor sebagai eksekutif, dan Majelis Guru Besar, serta melanjutkan upaya-upaya yang telah dirintis oleh pimpinan dan anggota Senat terdahulu. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan visi ITB menjadi universitas berbudaya penelitian yang berasaskan kebenaran dan keunggulan ilmiah, yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta ilmu sosial dan kemanusiaan untuk kemajuan bangsa, kesejahteraan rakyat dan kemanusiaan (Pasal 10 PP 155/2000 dan Pasal 6 ART ITB-BHMN).

Hal tersebut diatas menuntut suatu konsekuensi bahwa ITB hendaknya dapat selalu mampu menawarkan pendidikan dan riset dalam sains, teknologi dan seni yang state-of-the art, berada pada tepi yang mutahir dalam perkembangan keilmuan tersebut; berorientasi kemasa depan; dan juga tanggap pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas. Institut ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu ”tempat bertanya” yang dipercaya oleh masyarakat untuk hal-hal yang terkait dengan sains, teknologi dan seni. Ini adalah suatu tantangan dan sekaligus pula merupakan kiprah utama yang diemban oleh ITB.

Telah menjadi tuntutan zaman dan juga perhatian masyarakat ITB serta masyarakat luas agar kiprah yang harus ditunaikan oleh Institut ini perlu dilaksanakan dalam kelembagaan yang semakin efektif, efisien dan akuntabel serta dikelola dan dioperasikan oleh sumberdaya insani yang berkompetensi handal dalam bidangnya serta memiliki etos kerja yang tinggi.

Atas `dasar itu Senat Akademik akan menuntaskan dan meneruskan pengembangan kebijakan-kebijakan dasar dalam bidang akademik untuk menjamin serta meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di ITB pada berbagai strata, namun juga tanggap pada kebutuhan nyata masyarakat. Tugas kedepan yang sangat jelas adalah segera merumuskan kebijakan dasar bagi penyusunan kurikulum ITB 2008-2013.

Dalam bidang kelembagaan Senat periode 2006-2010 ini perlu menindak lanjuti penataan kelembagaan di ITB Pasca SK Senat Akademik 034, dengan fokus pada panduan dasar bagi strukturisasi, proses serta prosedur kelembagaan yang akuntabel dan bertata nilai suatu organisasi pendidikan. Sementara itu bidang sumberdaya insani sangat memerlukan kebijakan pengembangan kompetensi serta penciptaan lingkungan serta kondisi yang mendukung (conducieve) bagi peningkatan kinerja sumberdaya tersebut.

Tugas lain yang diemban oleh Senat pada saat ini adalah membangun norma-norma sebagai landasan bagi ITB sebagai universitas berbasis riset dan pengembangan sains, teknologi dan seni. Pada tataran yang lebih nyata yang harus dilakukan adalah menindaklanjuti Ketetapan mengenai Riset Unggulan ITB, sehingga dapat dilaksanakan secara efektif.

Disamping itu, salah satu tantangan yang dihadapi oleh kita semua, warga ITB, adalah menjadikan Senat ini menjadi suatu lembaga yang lebih terbuka lagi, dimana masyarakat kampus dapat menyampaikan opini serta saran-saran, sehingga Senat dapat lebih aspiratif dan komunikatif dalam melaksanakan fungsinya.

Bapak, Ibu serta hadirin yang saya muliakan,
Dengan latarbelakang agenda besar yang dikemukakan diatas, perlu saya sampaikan bahwa agenda prioritas Senat Akademik ITB dalam jangka pendek ini secara kongkrit adalah:
  1. Mentuntaskan beberapa rancangan pedoman-pedoman normatif bagi berbagai aspek pendidikan di ITB yang telah dirintis oleh pimpinan serta keanggotaan Senat terdahulu.
  2. Merumuskan kembali proses dan prosedur kenaikan jabatan staf pengajar menjadi Guru Besar, yang kini menjadi tanggung jawab utama Senat Akademik, sesuai dengan ART ITB.
  3. Menyiapkan proses penjaringan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dari wakil masyarakat, karena keanggotaan MWA yang sekarang akan berakhir pada bulan Oktober 2006.
Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan kepada civitas akademika ITB maupun masyarakat luas mengenai kegiatan Senat Akademik sejauh ini.
Akhirnya, atas` perhatian Bapak, Ibu serta hadirin sekalian saya ucapkan terimakasih.
Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu ’alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Senat,


Tommy Firman, PhD
Pidato Sambutan Ketua Senat Akademik ITB | abdan syakuro | 5