Pidato Menyambut Tahun Baru 2017

bismillahirahmannirrahim
assalaamu’alaikum, wr. wb
yang terhormat,
- sdr. ketua dprd kabupaten asahan beserta ibu
- sdr. unsur muspida kabupaten asahan beserta ibu
- sdr. sekretaris daerah beserta ibu
- para asisten dan staf ahli bupati
- kepala skpd se-kabupaten asahan
- kepala kementerian agama kabupaten asahan
- para camat se-kabupaten asahan
- hadirin dan undangan yang berbahagia
 
pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunia-nya kepada kita sekalian, semoga allah swt. senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-nya.
shalawat dan salam mari sama-sama kita sampaikan kepada junjungan nabi muhammad saw beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau, semoga kelak kita mendapat safaat beliau.
 
hadirin dan undangan yang berbahagia,
tidak terasa setahun sudah kita menjalani hidup ditahun 1438 hijriyah / 2017 m, sekarang kita memasuki tahun baru 1438 hijriyah / 2017 m. berarti satu tahun umur kita bertambah  padahal hakikatnya justru umur kita berkurang, bergantinya tahun berarti berkurangnya umur kita, besok berkurang satu hari, lusa berkurang lagi satu hari, begitu seterusnya. tapi bagi manusia yang mengetahui dan memahami akan tugas dan fungsi hidup yaitu beraktifitas untuk kemashlahatan umat dan untuk beribadah kepada allah swt, tuhan yang maha esa,  maka akan memikirkan dan membuat neraca perhitungan, sudah sampai  dimana, dan dipakai untuk apa umur kita pada waku yang lalu. jika dimasa-masa yang lalu kita masih banyak melakukan perbuatan-perbuatan yang dirasakan kurang baik, maka marilah pada tahun baru ini kita ganti dengan perbuatan-perbuatan  yang sifatnya memperbanyak amal kebaikan. kapan lagi kita memperbaiki diri kalau tidak dimulai dari sekarang. janganlah suka menunda-nunda waktu, sebab kita tidak tahu kapan kehidupan kita akan berakhir. gunakan waktumu sebaik-baiknya dengan giat belajar, giat bekerja, giat beribadah serta giat dalam membangun negara dan bangsa. waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang itu dengan sebaik-baiknya, tentulah pedang itu akan melukai diri sendiri.
 
hadirin dan undangan yang berbahagia,
pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak saudara-saudara semuanya untuk bersama-sama membangun kehidupan bermasyarakat ke arah yang lebih baik. tahun baru ini, hendaknya kita jadikan momentum untuk bertekad bangkit kembali membangun diri dan masyarakat dengan nilai-nilai moral yang lebih baik. kita menyadari bahwa perubahan itu tidak mudah, namun kita terus berupaya melakukan perubahan-perubahan dalam berbagai aspek. sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan kita terus berusaha melakukan perubahan sungguh-sunggguh untuk membangun pemerintahan yang baik,serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, memenuhi rasa keadilan masyarakat meningkatkan kesejahteraan, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

hal ini harus kita awali dengan ketulusan dan komitmen pribadi yang dinyatakan dalam bentuk iktikad yang baik. disamping itu perlu dibangun peradaban yang benar-benar menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, dan kebertanggungjawaban semua pihak. berita, tuduhan, dan prasangka negatif yang tidak didukung oleh fakta dan bukti sudah merusak rasa keadilan, menghancurkan sendi-sendi kebenaran dan menyesatkan rakyat yang sama-sama kita cintai. ingin populer dan mendapatkan simpati dan dukungan dengan cara-cara yang tidak terpuji seperti itu, mencerminkan ahklak dan perilaku yang jauh dari nilai-nilai religius.
 
hadirin dan undangan yang berbahagia,
mari kita sambut dan songsong tahun baru sebagai ajang evaluasi perjalanan hidup kita selama satu tahun sebelumnya, amalan apa yang sudah kita perbuat, jasa dan kemanfaatan apa yang sudah kita berikan kepada sesama manusia. mari kita perhitungkan, kita perhatikan dan kita koreksi diri kita masing-masing, karena hal ini merupakan suatu tindakan yang mesti kita lakukan kapan saja, dimana saja kita berada. hal ini sebagai tolok ukur apakah kita tergolong sebagai sebaik-baik manusia.
 
mari sama-sama kita berniat dan membulatkan tekad menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat pada tahun lalu dan tidak diulangi pada tahun ini. kita lakukan perbuatan positif secara istiqomah dan usahakan dengan niat ikhlas dan doa, mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan banyak membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
 
akhirnya, saya atas nama pemerintah kabupaten asahan mengucapkan selamat tahun baru 1438 hijriah / 2017masehi. semoga allah swt. tuhan yang maha esa tetap memberikan kekuatan kepada kita untuk mewujudkan asahan yang religius, sehat cerdas dan mandiri.
sekian dan terima kasih
wassalamu ‘alaikum wr. wb

Pidato Menyambut Tahun Baru 2017 | abdan syakuro | 5